7 Suggestions Kelola Keuangan Bagi Milenial Saat Ppkm Darurat

Selama masa pandemi Covid-19, menjalankan bisnis on-line seolah menjadi solusi menjanjikan untuk menambah penghasilan. Selain itu, ada berbagai ide bisnis online dengan modal kecil tapi untungnya menjanjikan yang bisa dicoba. Produk untuk bertani atau berkebun menjadi salah satu usaha dagang yang relatif bertahan saat musim pandemi, bahkan sedikit meningkat. Banyak orang mengisi waktu dengan berkebun, menanam berbagai hal seperti bunga di pot dan tanaman hias hijau.

Bisnis yang banyak di minati disaat pandemi

Hal ini bermanfaat sebagai penghilang stres sekaligus upaya meningkatkan daya tahan tubuh. Ide bisnis ini bisa menjadi peluang yang menggiurkan ketika Anda tinggal di space perumahan atau perkotaan. Sebab, mobilitas yang tinggi sering membuat orang yang tinggal di daerah perkotaan tidak sempat mencuci pakaian, terlebih menyetrikanya. Ketimbang bayar pembantu mahal, orang-orang lebih memilih untuk memakai jasa laundry kiloan. Makanya, jasa laundry menjadi peluang bisnis yang bisa Anda coba di tahun depan.

Harga emas yang terus menanjak bisa menjanjikan keuntungan berlipat untuk masa depan.Karenanya, berinvestasi emas bisa menjadi peluang menjanjikan untuk mendongkrak perekonomian. Saat ini beberapa toko emas sudah melayani pemesanan secara online untuk membuat nasabah tetap merasa aman dan nyaman. Hal tersebut untuk memiliki strategi bisnis yang akan membuat usaha mereka tidak hanya bertahan di tengah ketidakpastian, namun juga berkembang lebih baik lagi. Dilansir dari Kompas.com, seorang pengrajin masker kain bahkan mampu meraup omzet Rp6 juta per hari.

Desainer grafis juga dapat bergabung dengan situs web freelance seperti Flexjobs untuk menemukan pekerjaan yang relevan. Teliti sebelum membeli, carilah informasi mengenai online-shop tersebut dan pilihlah cara paling aman dalam membayar. Dengan begitu, diharapkan kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama belanja on-line. Meskipun demikian, masih banyak pengusaha pemula yang membutuhkan dukungan untuk terus meningkatkan usahanya. Gojek akan terus bekerja lebih keras lagi untuk melahirkan inovasi teknologi dan non teknologi yang membantu UMKM dari segala lini dan di setiap tahapan usaha. “Perpindahan ke on-line tentunya harus jadi suatu perhatian oleh pelaku usaha,” kata Novi dalam konferensi pers Gojek secara digital, Selasa, 9 Februari 2021.

Supply chain bisnisnya terganggu karena bahan pasokan dari Tiongkok terhambat. Seperti yang kita ketahui bahwa Tiongkok adalah negara pertama yang terjangkit Covid -19. Buatlah website dan akun di platform media sosial ternama seperti Instagram, Facebook, Tik Tok dn Youtube. Isi akun media sosial tersebut dengan konten-konten yang menarik tentang produk kerajinan tangan Anda. Banyak pelaku usaha kerajinan mempunyai idealisme tinggi dan akhirnya terjebak dalam produksi yang kurang sesuai dengan selera pasar.

Namun sejak pandemi, penjualan beragam produk kesehatan naik drastis sekitar 48 persen. Selain menjadi dropshipper, salah satu bisnis on-line yang banyak digandrungi anak muda zaman sekarang adalah dengan menjadi reseller. Apalagi, untuk jadi seorang reseller tidak memerlukan modal besar. Di Tokopedia, penjualan produk kategori Rumah Tangga meningkat lebih dari 2 kali lipat.

Gati menyebutkan, saat ini 475 IKM yang memiliki akun di marketplace dan terhubung dengan aplikasi Bela Pengadaan milik LKPP. Hal ini agar semakin memahami setiap kebutuhan produk yang diserap kementerian/lembaga saat ini. Langkah ini dinilai dapat memacu perekonomian nasional, terutama di tengah kondisi pandemi saat ini.