Strategi Pemasaran Influencer Yang Cocok Bagi Bisnis Startup

Strategi berikutnya adalah pengusaha harus mampu memanfaatkan momentum, serta terbuka dengan inovasi dan kolaborasi. Lalu, kita bisa merencanakan aspek finansial seperti kebutuhan modal dan harga penjualan secara matang. Kita bisa mengupayakan hal ini secara berkala untuk terus berinovasi dan mengembangkan bisnis yang berkelanjutan. Bahkan anehnya, konsumen rela membayar produk sedikit lebih mahal asalkan mereka tidak perlu membayar ongkir.

Untuk melakukan kolaborasi, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu siapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut. Seseorang dapat dikatakan sebagai influencer mikro jika memiliki jumlah follower tidak lebih dari 10 ribu. Jika anda merasa ragu menggunakan jasa influencer mikro karena jumlah pengikutnya sedikit, sebuah studi justru menunjukkan bahwa konsumen yang membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer mikro mencapai 82%. Hal ini dikarenakan influencer mikro memiliki audiens yang lebih spesifik pada area of interest tertentu. Influencer adalah seseorang yang memiliki media sosial dengan jumlah follower yang banyak.

Dengan fitur yang lengkap dan juga mudah digunakan walaupun tidak memiliki background sebagai seorang akuntan. Pada saat ini, tentunya banyak dari setiap para influencer bersaing dalam mempromosikan produk pebisnis lain. Para influencer tentunya akan memikirkan harga yang ditawarkan untuk mempromosikan produk bisnis Anda. Sehingga seorang influencer tidak akan menawarkan harga yang lebih mahal dari influencer lainnya.

Ajak mereka untuk mempromosikan produk Anda di berbagai platform untuk bergabung ke giveaway tersebut. Dengan melakukan promosi di media sosial, Anda berkesempatan untuk membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan Anda. Terbukti menurut Forbes, 1 dari four pengguna media sosial yang mengikuti akun suatu brand, pasti akan melakukan pembelian.

Jelas bahwa pilihan ini mampu menetap dan berkembang dengan pesat karena posisi dan nilai yang ditawarkan begitu dekat dengan gaya hidup masyarakat muda. Strategi ini memang sangat primitif sekali, meski begitu anda tidak bisa meremehkan strategi seperti ini. Memang benar viewer anda bukanlah orang yang berniat membeli produk anda. Namun setidaknya dengan anda memaksimalkan jumlah viewers dari video promosi anda, maka anda bisa memaksimalkan jumlah viewers potensial.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan Google My Business, kamu juga perlu memahami ketentuan dari paltform tersebut agar bisa dilakukan dengan tepat. Kalau sudah memilih sosial media sebagai media promosi, mau tak mau Anda harus menyisihkan sekian biaya untuk berkolaborasi dengan influencer. Selain itu, dikatakannya juga bahwa seorang atau beberapa influencer akan lebih efektif digunakan untuk meningkatkan brand awareness, alias kesadaran masyarakat atas eksistensi brand kita.

Saat menggunakan influencer yang terkenal seperti selebritis atau artis, terkadang dikenakan biaya yang tinggi hanya untuk satu posting media sosial. Sebaliknya, micro-influencer mengenakan biaya yang lebih rendah untuk hanya sekedar posting promosi. Bahkan untuk micro-influencer dengan pengikut yang lebih kecil, dapat dikompensasi dalam bentuk pemberian produk free of charge sebagai balas jasa promosi.

Melakukan promosi bisnis dengan berkolaborasi dengan influencer

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan dalam membuat occasion launching produk yang menarik. Pertama, Anda dapat melakukan kolaborasi antar brand contohnya yang dilakukan H&M dengan Erdem, model pakaian ternama. Kolaborasi tersebut dapat membuat launch produk diserbu banyak orang seperti kampanye limited edition yang digunakan. Jika semua detail biaya anggaran telah sesuai strategi bisnis, Anda dapat memulai untuk membuat produk tersebut dan melanjutkan ke langkah berikutnya. Jika proses di atas sudah Anda kerjakan, langkah selanjutnya Anda dapat menentukan harga yang pas pada produk Anda.